Property pada VB

Properti Left, Top, Widht dam Height

Pada property diatas digunakan untuk mengatur tata letak dari Object atau control yang sudah kita desain di form

Properti Left dan Top digunakan untuk mengatur seberapa jauh posisi control terhadap batas kiri dan batas atas dari wadah di mana control tersebut berada. Untuk TextBox yang diletakkan pada form, maka batas kiri dan batas atas yang menjadi patokan adalah adalah pojok kiri atas form. Sedangkan untuk control yang diletakkan di dalam sebuah frame, maka batas kiri dan atas yang menjadi patokan adalah frame tersebut.

Properti Width dan Height menentukan panjang dan lebar suatu control. Satuan yang digunakan adalah satuan twips. Satuan twips merupakan satuan yang tidak tergantung dari resolusi layar.

Contoh Program :

Contoh Program Left, Top, Widht dan Hight

Private Sub Form_Activate()

Form1.Width = 8000

Form1.Left = 0

Form1.Top = 0

End Sub

Properti ForeColor dan BackColor

Kedua property ini digunakan untuk mengatur tampilan warna, sedangkan BackColor digunakan untuk mengatur Warna latar belakang dari control

Contoh Program memberi warna

Private Sub Form_Load()

‘Form1.BackColor = vbYellow

Form1.BackColor = &HFFFF00

Label1.ForeColor = vbRed

End Sub

Properti Font

Properti ini digunakan untuk mengatur jenis huruf, style huruf, ukuran huruf dll sesuai jenis fasilitas di yang ada di property font ini

Contoh Program memberi Font

Private Sub Form_Load()

Label1.FontName = “ARIAL”

Label1.FontSize = 16

Label1.FontUnderline = True

End Sub

Properti Caption dan Text

Properti Caption dan Text nampak serupa, tapi pengoperasian keduanya sangat berbeda.

Caption adalah teks yang muncul pada sebuah control. Properti caption tidak dapat diubah oleh user, saat program berjalan.

Properti text juga merupakan teks yang muncul, namun user dapat mengubah properti ini saat program berjalan. Properti caption ini digunakan pada control Form, Label, CommandButton, CheckBox, OptionButton, Data dan Frame (yang mana user tidak perlu mengubah teks yang ada pada control tersebut). Sedangkan properti Text digunakan pada TextBox, ListBox, dan ComboBox.

Pada properti Caption dikenal karakter & (ampersand) untuk memberikan garis bawah pada karakter sesudah &.

Properti Enabled dan Visible

Properti Enabled dan Visible ini hanya mempunyai dua nilai, yaitu True dan False. Standarnya, kedua properti ini selalu bernilai True.

Jika Enabled bernilai True, berarti kontrol tersebut dapat diakses (misalnya CommandButton yang properti Enabled-nya bernilai True, berarti pada saat di-Run CommandButton tersebut dapat di-klik. TextBox yang properti Enabled-nya bernilai True, berarti pada saat di-Run isi dari TextBox tersebut dapat diedit).

Sedangkan jika Visible bernilai True, berarti control tersebut nampak di dalam form. Ada beberapa kasus di mana Anda harus menyembunyikan suatu control, dan menampilkan pada waktunya. Control yang nilai properti Visible-nya False, secara otomatis properti Enabled-nya juga bernilai False.

Mengubah properti Enabled dan Visible tidak harus dilakukan lewat properti Window. Anda bisa mengubahnya lewat kode. Contoh:

Private Sub Command1_Click()

Text1.Enabled = True

Text2.Enabled = True

Shape1.Visible = True

End Sub

Private Sub Form_Load()

Text1.Enabled = False

Text2.Enabled = False

Shape1.Visible = False

End Sub

Catatan: Jika sebuah control merupakan wadah dari control-control lain (seperti Frame atau Form), maka pengubahan nilai properti Enabled dan Visible akan mempengaruhi keseluruhan control yang ada di dalamnya.

Properti MousePointer dan MouseIcon

Properti ini mengatur bentuk mouse saat melewati suatu control. Properti ini juga dapat digunakan untuk mengatur bentuk mouse pada waktu tertentu. Misalnya pada saat proses yang membutuhkan waktu lama, Anda dapat mengubah pointer

Mouse menjadi hour glass. Ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan, saat mengubah pointer mouse ini:

  • Jika nilai properti untuk screen.mousepointer bernilai selain 0 (vbDefault),
    maka bentuk pointer mouse pada saat berada di form akan berbentuk seperti
    nilai dari properti. Tapi jika pointer mouse berada di luar form tersebut
    (misalnya di desktop atau di aplikasi lain), maka bentuk pointer mouse akan
    disesuaikan dengan aplikasi tersebut.
  • Jika nilai properti untuk screen.mousepointer bernilai 0, dan pointer mouse
    melewati sebuah control, maka bentuk pointer mouse akan disesuaikan dengan
    properti mousepointer pada control yang dilewati.
  • Jika nilai properti untuk screen.mousepointer bernilai 0, dan mouse berada di dalam form atau control, di mana nilai properti mousepointer-nya adalah 0,maka bentuk pointer mouse akan disesuaikan dengan properti mousepointer
    dari Form.

Untuk mengubah properti mousepointer dalam kode program

Private Sub Command1_Click()

Screen.MousePointer = vbHourglass

End Sub

Private Sub Command2_Click()

Screen.MousePointer = vbDefault

End Sub

Properti mouseicon digunakan untuk menampilkan bentuk pointer mouse secara spesifik.4. Pada kasus ini, Anda harus mengubah properti raousepointer menjadi 99 (vbCustom), lalu memilih file untuk bentuk pointer mouse.

VB telah menyediakan bentuk-bentuk pointer mouse pada folder Graphics/Icons. Anda dapat mengubah properti Mouseicon lewat properti window, dan memilih file pointer mouse lewat kotak dialog yang disediakan. Atau mengubahnya lewat kode program dengan cara:

Private Sub Command3_Click()

MousePointer = vbCustom

MouseIcon = LoadPicture(“G:\materi kuliah visual basic 6\MSN.ICO”)

End Sub

Pengertian Event

VB adalah pemrograman yang bersifat event driven. Semua aksi dijalankan karena ada sebuah event yang memicunya. Sebuah event dapat terjadi karena banyak hal, misalnya ketika mouse digerakkan, mouse diklik, form ditampilkan, form ditutup, atau penekanan tombol. Semua event yang terjadi tersebut ditangkap oleh VB, dan programmer segera membuat kode-kode untuk mengerjakan apa yang perlu dijalankan, ketika event tersebut terjadi. Programmer tidak perlu mencegat semua event yang terjadi. Cukup event-event yang memang perlu untuk dicegat.

Event ini hanya terjadi pada saat program dijalankan. Sedangkan pencegatan (atau pengetikkan kode program) dilakukan pada design time, yaitu pada code window.

Event Click dan DblClick

Event Click terjadi ketika user mengklik kiri, dan event double klik terjadi ketika user melakukan double klik pada sebuah control (bisa CommandButton, Form, OptionButton, CheckBox, dan sebagainya).

Perlu diperhatikan, beberapa control menghasilkan event Click ini, bahkan ketika user tidak melakukan klik pada control tersebut. Misalnya, untuk control CheckBox, jika terjadi perubahan nilai pada properti Value, lewat kode seperti:

Chek1.Value = 1 ‘ Mengubah Menjadi Checked

Secara otomatis, kode program tersebut akan memicu event Click. Hal yang sama berlaku untuk control OptionButton. Control ListBox dan ComboBox juga akan memicu event Click, ketika terjadi perubahan pada properti Listlndex.

Private Sub Label1_Click()

Dim t As Single

isclick = True

‘ tunggu setengah detik

t = Timer

Do

DoEvents

If Not isclick Then Exit Sub

Loop Until Timer > t + 0.5 Or Timer < t

‘ di sini proses untuk click yang sebenarnya

End Sub

Private Sub Label1_DblClick()

‘ Bukan Single Klik, Maka Isclick diberi nilai false

isclick = False

‘ aksi untuk double klik

End Sub

Event Change

Event Change adalah event yang paling sederhana. Event Change terpicu jika isi dari suatu control berubah. Misalnya user menghapus isi TextBox, atau user mengubah ComboBox. Tapi ada perkecualian untuk control CheckBox dan OptionButton. Jika terjadi perubahan nilai, maka event yang dipanggil adalah event Click (bukan event Change).

Event ini juga dapat dipicu, jika ada kode program yang mengubah nilai dari suatu control. Contoh:

Textl.Text = ” ”

Walaupun kode tersebut hanya mengosongkan nilai dari properti Text, tapi kode tersebut telah memicu event Change.

Event GotFocus dan Lostfocus

Event GotFocus dipicu ketika sebuah control menerima fokus, dan event LostFocus dipicu ketika sebuah control kehilangan fokus. Misalkan Anda mempunyai dua buah textbox dengan Tablndex masing-masing 0 dan 1. Ketika program kali pertama dijalankan, TextBox pertama (yang mempunyai Tablndex 0) akan memicu event GotFocus.

Saat user menekan tombol Tab, dan kursor berpindah pada control TextBox di bawahnya, maka event LostFocus akan terjadi untuk control dari TextBox yang pertama, dan event GotFocus akan terjadi untuk control dari TextBox yang kedua.

Event KeyPress, KeyDown, dan KcyUp

Ketiga event ini terjadi, ketika user menekan tombol. Tapi ketiganya punya karakteristik yang berbeda. Ketika user menekan keyboard, maka yang terjadi secara berurutan adalah event KeyDown (ketika tombol tersebut dalam keadaan ditekan), event KeyPress (VB menerjemahkan tombol yang ditekan tersebut dalam bentuk kode angka ANSI), dan selanjutnya adalah event KeyUp (ketika user melepaskan penekanan tombol).

Event KeyPress hanya dipicu jika tombol yang ditekan adalah tombol yang dapat menampilkan suatu karakter. Sedangkan tombol lain, seperti panah, Shift, Control atau Alt tidak memicu event KeyPress. Untuk event KeyDown dan KeyUp akan dipicu oleh semua penekanan tombol (termasuk tombol panah, Shift, Control atau Alt).

Contoh memanfaatkan event KeyPress, untuk mengubah karakter menjadi huruf besar pada sebuah Control TextBox yang bernama Textl.

Private Sub TextlKeyPress(KeyAscii As Integer)

‘  konversi karakter menjadi huruf besar.

KeyAscii = Asc(UCase$(Chr$(KeyAscii)

End Sub

Pada saat event KeyPress terjadi, ada sebuah parameter yang disertakan, yaitu KeyAscii. KeyAscii merupakan kode angka ANSI yang dihasilkan dari penekanan tombol yang telah dilakukan. Misalnya jika user menekan huruf A, maka kode angka ANSI-nya (atau KeyAscii yang dibawa event tersebut) adalah 65. Kode angka ANSI ini merupakan standar angka dari Windows. Seandainya pada program diberikan perintah:

If KeyAscii = 65 Then KeyAscii = 0

Maka setiap kali penekanan tombol A pada TextBox tersebut, KeyAscii akan berubah menjadi 0, atau tidak menampilkan apa-apa.

Untuk event KeyDown dan KeyUp, parameter yang dibawa ada dua, yaitu KeyAscii serta Shift. Shift merupakan suatu bilangan biner yang menunjukkan status penekanan tombol Shift, Control dan Alt. Contoh di bawah ini memanfaatkan event KeyDown. untuk menampilkan tanggal hari ini, jika user menekan tombol Ctrl+F2.

Private Sub Textl_KeyDown(KeyCode As Integer, Shift As Integer)

‘ Jika user menekan tombol F2, maka

‘  isi dari Control diubah menjadi tantf<ja1 hari   ini

If KeyCode = vbKcyFZ And Shift = vbCtrTMask Then

Textl.Text – Date$

End If

End Sub

Event MouseDown, MouseUp dan MouseMove

Event-event ini terjadi saat terjadi operasi pada mouse, seperti perubahan posisi mouse, penekanan tombol mouse, dan pelepasan tombol mouse. Ketiga event ini menerima parameter yang sama, yaitu: status tombol mouse (ditekan atau tidak), status Shift, Ctrl dan Alt, serta posisi koordinat X dan Y dari kursor mouse. Koordinat yang dihasilkan relatif terhadap posisi pojok kiri form.

Berikut adalah contoh program yang memanfaatkan event MouseDown, MouseUp dan MouseMove untuk memantau klik yang dilakukan, serta koordinat dari kursor

Private Sub Form_MouseDown(Button As Integer, Shift As Integer, X As   Single, Y As Single)

MouseDesc Button, Shift,  X,Y

End Sub

Private Sub Form_HouseMove(Butt.on As Integer,Shift As Integer, X As Single, Y As Single)

MouseDesc Button, Shift, X,Y

End Sub

Private Sub Form_MouseUp(Button As  Integer,Shift As Integer, X As Single, Y As Single)

MouseDesc Button,  Shift,  X,   Y

End Sub

Private Sub MouseDesc(Button As  Integer, Shift As Integer, X As Single, Y As Single)

Dim desc As String

desc = String$(20, ” “)

If Button And vbLeftButton Then Mid$(desc, 1,1)  = “L”

If Button And vbRightButton-Then Mid$(desc,3,1)  = “R”

If Button And vbMiddleButton Then Mid$(desc,2,1)  = “M”

If Shift And vbShiftMask Then Mid$(desc, 5,5)  = “Shift”

If Shift And vbCtrlMask  (hen Mid$(desc,  11,  4)  = “Ctrl”

If Shift And vbAltMask Then Mid$(desc,  16, 3) = “Alt”

Desc=”(“ & X & “, “ & Y & ) “& desc

Label1.Caption = desc

Debug.print desc

End sub

2 Balasan ke Property pada VB

  1. diorado mengatakan:

    kok ngak ada gambarnya sob….?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: