Perkenalan dengan VISUAL BASIC 6.0

TENTANG VISUAL BASIC 6.0 ( VB 6)

Program MS-Visual Basic 6.0 adalah program penghasil aplikasi yang bekerja pada sistem operasi MS-Windows atau Windows NT.

MS Visual Basic 6.0 merupakan bahasa pemrograman Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman yang berorientasi object. MS Visual Basic 6.0 menyediakan object-objeck yang sangat kuat, berguna dan mudah dipakai.

Komputer hanya dapat mengerti sebuah bahasa yang disebut bahasa mesin, bahasa yang sangat berbeda dari bahasa manusia, dan terlebih lagi akan amal mcnyulitkan untuk membuat sebuah program dalam bahasa mesin ini. Manusia menginginkan sebuah bahasa komputer yang sederhana, yang dapat dimengerti dan mudah dipelajari oleh manusia, sekaligus dapat dimengerti oleh komputer.

Bahasa komputer tersebut disebut bahasa pemrograman (programming language). Perlu diingat, konsep bahasa pemrograman adalah mengubah/menerjemahkan perintah-perintah (program) yang diberikan oleh manusia, ke dalam bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer. Jadi, bahasa pemrograman adalah sarana interaksi antara manusia dan komputer. Seperti tujuan semula, bahasa pemrograman dibuat untuk mudah dipelajari dan dimengerti, agar manusia dapat mudah membuat program komputer dengan bahasa pemrograman ini (tak perlu menggunakan bahasa mesin untuk membuat program komputer). Contoh bahasa pemrograman adalah bahasa BASIC, bahasa Pascal, Bahasa C, dan sebagainya.

VB adalah sebuah aplikasi pemrograman yang basis bahasa pemrogramannya adalah BASIC. BASIC merupakan bahasa pemrograman yang telah digunakan lebih dari 35 tahun, yang sering digunakan oleh pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman, karena kemudahan serta kemiripan perintah dengan bahasa manusia. Bahasa pemrograman lain seperti Pascal atau C, akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menguasainya dibandingkan BASIC.

SEJARAH VISUAL BASIC 6.0

Sejarah Visual Basic diawali dari perkembangan bahasa BASIC di Darthmouth College, Amerika Serikat, pada awal tahun 1960-an. Sejak semula BASIC memang dirancang untuk mudah dipelajari. Begitu sederhananya sehingga nyaris semua pakar pemrograman komputer menggunakan BASIC sebagai bahasa pemrograman pertamanya. Pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan pada masyarakat, Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini. Didalamnya disertakan pula bahasa BASIC yang dikenal sebagai QuickBasic (QBASIC). Pada tahun 1990-an era DOS berlalu digantikan era Windows. Tampilan grafis windows yang sangat bagus dan lebih interaktif mengubah pemrograman dari pekerjaan yang memusingkan kepala menjadi sebuah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Microsoft pun akhirnya membuat BASIC versi Windows yang dikenal dengan Microsoft Visual Basic.

Visual Basic memungkinkan pembuatan aplikasi Grapichal User Interface (GUI) atau pemrograman yang menggunakan tampilan grafis sebagai alat komunikasi dengan pemakainya. Pembuatan tampilan user interface dapat dilakukan dengan meletakkan object-object grafis ke lembar (form) yang sudah disediakan oleh Visual Basic.

Visual Basic Merupakan bahasa pemrograman Visual sehingga dapat mempermudah dalam mendesain tampilan program atau lebih dikenal dengan istilah user interface. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat program yang bekerja dalam lingkungan windows yang tampilannya lebih rumit. Dengan Bahasa Pemrograman biasa / Non Visual, Waktu seorang programmer lebih banyak dihabiskan untuk mendesain tampilan program dibandingkan dengan penulisan program utamanya. Visual basic adalah suatu bahasa pemrogramman visual yang merupakan pengembangan terakhir dari Basic.

Bahasa Pemrogramman Visual Basic 6.0 merupakan perangkat lunak yang memiliki kesamaan dengan bahasa Pemrogramman Basic dan bekerja pada lingkungan sistem operasi Windows. Pemrogramman Visual Basic 6.0 juga memberikan kemudahan bagi programmer dalam membuat sebuah program, karena dalam Bahasa pemrogramman Visual Basic 6.0 telah disediakan fasilitas-fasilitas pendukung yang mudah penggunaannya tanpa menambah syntax program yang berbelit-belit seperti pada beberapa Bahasa pemrogramman lainnya, yang tentunya akan lebih banyak menyita waktu dan pemikiran.Selain kemudahan tersebut, Visual Basic 6.0 juga memiliki kecepatan proses yang tinggi dan keunggulan dalam file eksekusi yang dihasilkan, yang mampu berdiri sendiri diluar software pembangunnya serta kecilnya file eksekusi yang dihasilkan.

Jika Anda membuat sebuah aplikasi Windows dengan menggunakan VB, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Tentukan apa yang hendak dilakukan program, dengan merancang keseluruhan
desain.

2. Kerjakan bagian visual dari aplikasi/program tersebut (layar dan menu, di mana
user akan berinteraksi)

3. Tambahkan kode program VB yang sesuai untuk masing-masing elemen visual
yang ada, untuk mengotomatisasi program.

4. Uji aplikasi/program untuk menemukan bug program. Bug adalah istilah untuk
kesalahan program. Jika sebuah program yang ditulis tidak bekerja dengan apa
yang diharapkan, maka harus dilakukan debugging untuk mengetahui
kesalahan program dan memperbaikinya.

5.  Kompilasi aplikasi/program yang telah di tes tadi.

VB versi 6.0 adalah salah satu versi terbaik dari Visual Basic, sebelum VB.Net diluncurkan dan hingga saat ini, VB 6.0 tetap menjadi pilihan bagi banyak pengembang aplikasi Windows. Pada buku ini, aplikasi General Ledger yang dibuat menggunakan VB 6.0.

Integrated Development Environment

Integrated Development Environment  ( IDE ) adalah bidang kerja tempat kita bekerja untuk menghasilkan program aplikasi.

Sebagian besar kepopuleran VB adalah karena Integrated Development Environ­ment (atau IDE) yang sangat mempermudah pembuatan program. Teorinya, program VB tak lebih dari sekumpulan kode yang disusun dengan aturan tertentu. Anda dapat saja mengetikkan kode-kode tersebut lewat text editor biasa, seperti Notepad. Tapi sejauh ini, tidak ada programmer yang mengetikkan kode program VB lewat Notepad. Kebanyakan mereka mengembangkan program VB lewat IDE yang jauh lebih menyenangkan, dibandingkan mengetikkan kode-kode program lewat Notepad.

Dengan menggunakan IDE, Anda tidak hanya dipermudah dalam mengetikkan
kode-kode program, tapi Anda juga dapat langsung menguji (dan menjalankan)
program, melakukan debugging untuk mencari kesalahan pada program, dan
mengompilasi program menjadi file executable, agar dapat dijalankan langsung
tanpa melalui IDE (di mana Notepad atau text editor lainnya tidak dapat
melakukan hal-hal tersebut).

Memilih Project

Saat IDE pertama kali dijalankan, Anda akan mendapatkan pilihan project apa yang hendak dikerjakan (gambar 1-1). Pada buku ini, project yang dibuat adalah standard EXE, sehingga Anda dapat langsung menekan Enter, atau mengklik Open saat kotak dialog pilihan project ini muncul.

Anda juga dapat memberi tanda check pada label “Don’t show this dialog in the future”, jika Anda tidak menginginkan pilihan project ini muncul saat Anda menjalankan IDE

New :  Jika kita klik tombol New, ini berarti kita akan membuat Project Baru

Exiting : Jika kita klik tombol Exiting, ini berarti kita akan membuka Project yang

sudah ada

Recent : Melihat Project yang sudah kita buat dan sekalian bisa kita jalankan.

Jika kita tekan tombol Open maka kita akan membuat Project Baru, tapi jika kita tekan tombol Cancel berarti kita siap  membuka Project yang pernah kita buat.

Bila kita menekan tombol Help, maka kita akan membuka manual / help dari Visual Basic.

Yang perlu diketahui dalam pemrogramam visual basic adalah penggunaan file project, project ini bisa terdiri dari beberapa File Form dan File Report. Pada Pemrograman Visual basic 6.0 file-file itu ditandai dengan Extension ( tambahan nama file)

  • File Project extensionnya  .vbp
  • File form extensionnya .frm
  • File report extensionnya .rpt

Untuk memulai kita klik Tombol Open

Menu Bar / Baris Menu

Menu Bar / Baris menu terletak paling atas pada IDE. Menu merupakan kumpulan perintah2 yang dikelompokkan dalam kreteria operasi yang dihasilkan.

VB 6 menyediakan tiga belas menu;

File : Sekelompok perintah yang berfungsi utk pengaturan suatu file seperti New,Save,Open dan sebagainya

Edit : Kelompok perintah untuk pengeditan, baik pengeditan obyek, komponen maupun kode pada Code Editor, contohnya Cut,Paste,Align

View : Perintah2 untuk mengaktifkan bagian-bagian dari Integrated Development Environment VB 6

Project : Berfungsi untuk manajemen proyek serta pendukungnya

Format : Kelompok perintah untuk melakukan proses format

Debug : Untuk pengaturan dalam pencarian kesalahan program

Run : Berfungsi untuk menangani proses kompilasi program,seperti Run,Build,Step Over,Debug dan seterusnya

Query : Kumpulan Perintah untuk mengakses data yang diperlukan pada aplikasi database.menu ini adalah menu baru versi 6.

Diagram : Menyediakan perintah untuk pengaturan diagram.Diagram yang merupakan menu baru pada versi 6 ini sangat menolong dalam proses perancangan

Tools : Sebagai penyedia perlengkapan tambahan yang diperlukan dalam penyusunan program

Add-Ins : Untuk pengaturan program tambahan bagi VB 6

Windows : Pengaturan Window yang sedang terbuka

Help : Menyediakan Informasi untuk menolong pemakai dalam menggunakan VB 6

Toolbar

Kehadiran tombol-tombol speed pada toolbar akan sangat membantu dalam mempercepat akses perintah ( yang bisa jadi tersembunyi  didalm tingkat-tingkat hirearki). Sebab tombol speed berfungsi sama dengan perintah yang tersedia ( dan tersembunyi ) di dalam menu.

Add Standard EXE Project

Untuk membuat sebuah project baru jenis standart

Add Form

Untuk menambahkan sebuah form ke dalam project yang sedang terbuka

Menu  Editor

Untuk menampilkan menu editor yang berfungsi sebagai pembuat menu

Open Project

Untuk membuka sebuah project yang pernah di susun / buat

Save Project

Untuk menyimpan project yang sedang terbuka tanpa menutupnya

Cut

Untuk memotong object terpilih yaitu memindahkan obyek tersebut dari tempat asalnya container windows

Copy

Untuk membuat salinan obyek terpilih untuk disimpan di container Windows

Paste

Untuk membuat salinan yang di simpan di container Windows dan dipasang di lokasi baru

Find

Untuk menemukan obyek tertentu

Undo

Untuk menggagalkan pelaksanaan perintah2 terurut dari belakang yang pernah dilakukan

Redo

Untuk mengulangi perintah terurut dari belakang yang pernah dilakukan, merupakan proses kebalikan undo

Start

Untuk menjalankan progran yang sedang terbuka dan aktif

Break

Untuk menghentikan sementara program yang sedang berjalan

End

Untuk menghentikan program dan berpindah ke mode perancangan

Project Explorer

Untuk mengaktifkan Project Explorer yang menampung project berikut bagian-bagiannya

Properties Widows

Untuk mengaktifkan Properties Windows yanitu mengatur property obyek

Form Layout Window

Untuk mengaktifkan Form Layout Window, yaitu pengatur tata letak form di layar komputer

Object Browser

Untuk mengaktifkan object browser yang mampu mengorganisir object yang pakai dalam project

Toolbox

Untuk  mengaktifkan Toolbox yang menyediakan berbagai kontrol

Toolbox

Dalam pemrograman Visual khususnya Visual Basic 6.0  untuk membuat atau mendesain suatu tampilan atau form kita dipermudah dengan adanya fasilitas yang disebut Komponen. Atau dalam arti lain ToolBox adalah tempat penyimpan kontrol yangn akan digunakan

Pointer : untuk menunjuk bagian2 yang ada pada layar

PictureBox : untuk menampilkan gambar, caranya yaitu dengan mengubah isi properties picture-nya dengan nama gambar yang ada di folder anda

Textbox : untuk mengubah isian dari kotak text, caranya yaitu dengan mengubah isi properties text-nya dengan text

CommanButton : merupakan tombol perintah, untuk mengubah judul textnya dari commandbutton, ubahlah properties caption-nya dengan judul atau text

OptionButton : sebagai tombol pilihan, value atau nilainya adalah true atau False. Untuk mengubah judul atau textnya ubahlah properties caption-nya dengan judul atau text anda

ListBox : untuk menampilkan item yang dimasukkan oleh programmer. Item yang ditampilkan bias lebih dari satu. Untuk mengisi itemnya yaitu dengan mengisi properties list-nya dengan item-item anda.

VscrollBar : untuk membuat scrollbar secara vertikal

HscrollBar : untuk membuat scrollbar secara herisontal

DriveListBox : untuk menampilkan daftar drive yang akan dibuka di form. Caranya yaitu dengan mengubah properties path-nya dengan drive yang kita pilih

FileListBox : untuk menampilkan direktori yang akan dibuka di form

Data : sebagai komponen yang mewakili bahwa suatu database terterntu melekat pada form yang bersangkutan. Untuk menggambungkan tombol data dengan database yang telah dibuat, isikan properties Databasename-nya dengan alamat direktori yang terdapat database yang kita pilih

Label : untuk menampilkan text, caranya yaitu dengan mengubah isi properties caption-nya dengan text anda.

Frame : untuk membuat bingkai dalam suatu form

ComboBox : untuk menampilkan item yang dimasukkan oleh programmer. Item yang ditampilkan hanya satu item saja. Untuk mengisi itemnya yaitu dengan mengisi properties list-nya dengan item-item anda.

Properties Windows

Fungsi dari Properties Windows adalam menampilkan perlengkapan atau properties dari object yang dipilih atau diklick. Jika ada perubahan dalam object, properties-nya juga ikut berubah.

  • Object box – menampilkan nama yang akan di atur propertinya. Klik tanda panah di samping kanan object box untuk menampilkan daftar object untuk form yang sedang terpilih.
  • Sort tabs – adalah pilihan urutan daftar property, tersedia dua pilihan yaitu berdasarkan abjad nama depan property dan berdasarkan kategori property
  • Properties List – Daftar property terdiri atas dua kolom, kolom pertama menampung daftar nama property dan kolom kanan adalah daftar nilai propertinya

    Untuk menampilkan Property Windows caranya :

    1. Dari Menu View pilihan properties Window

    2. Tekan  tombol F4. pada keyboard

AutoRedraw

Jika True, Visual Basic secara otomatis menggambar ulang gambar pada form karena windows lain menghilangkan gambar. Jika False ( default ), Visual Basic tidak akan me-redraw secara otomatis.

BackColor

Warna Background form.

BorderStyle

0 tanpa garis batas,1 garis tetap, 2 (default) untuk garis yg ukurannya bisa di ubah, 3 garis tetap dengan dua baris pinggirnya

Caption

Teks yang tampil pada judul form. Nilai Caption secara default adalah nama form

ClipControl

Jika True ( Default), Paint event akan bekerja

ControlBox

Jika True (default), form akan mengandung tombol contro;

DrawMode

Menyediakan 16 komposisi yang terkait dengan property gambar dalam menghasilkan efek gambar khusus.

DrawStyle

Menyediakan 7 komposisi untuk menentukan tanpilan garis dalm gambar

DrawWidth

Menentukan lebar garis pada form

Enabled

Jika True ( default ), form dapat menanggapi Event

FillColor

Warna untuk mengisi gambar pada form

FillStyle

Menyediakan 8 macam corak pengisi bidang gambar

FontBold

Untuk menentukan ukuran tebal font pada form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption

FontItalic

Untuk menentukan bentuk mirin font pada form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption

FontName

Untuk menentukan jenis font pada form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption

FontSize

Untuk menentukan ukuran font pada form dan saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption

FontStrikethru

Untuk menentukan garis coret pada font di form meupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption.

FontTransparent

Untuk menghasilkan efek transparan font pada form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption

FontUnderline

Untuk menentukan garis bawah font di form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption

ForeColor

Untuk menrntukan warna latar depan font di form maupun pada saat pencetakan. Tidak berpengaruh pada property Caption

Height

Untuk menentukan ukuran tinggi form

HelpContextID

Menyediakan nomor pengenal dalam penyusunan context-sensitive help

Icon

Untuk menentukan icon aplikasi

KeyPreview

Jika False (default ), control yang menerima focus bisa menerima event2 berikut: KeyDown,KeyUp,KeyPress sebelum Form. Jika bernilai true form akan menerima event sebelum control terfokus

Left

Ukuran posisi kiri, terhitung dari pinggir kiri form

LinkMode

0 (default) akan melumpuhkan DDE, 1 DDE otomatis DDE, 2DDE terkode, 3 permintaan terkode

LinkTopic

Menentukan aplikasi sumber dan topic DDE

MaxButton

Jika True (default ), tombol maximize muncul pada form pada saat runtime. Jika False, pemakai tidak bisa me-maximise form

MDIChild

Jika True, form adalah jenis MDI, Jika False (default) Form Bukan Form MDI

Name

Nama Form, defaultnya Form1

Picture

File Gambar yang menampilkan background form

ScaleHeight

Tinggi form, ScaleMode untuk menentukan unit pengukuran yang digunakan

ScaleLeft

Jarak dari kiri layer ke batas kiri form

ScaleMode

Untuk menentukan pengukuran koodinat pada form. Anda dapat menentukan di antara delapan pilihan

ScaleTop

Jarak dari sisi atas layer ke batas form

ScaleWidth

Untuk menentukan lebar form

Top

Posisi batas atas form

Visible

Bernilai True atau false, sehingga form bisa tampak atau hilang

Width

Lebar form dalam satuan twip

WindowState

Menunjukkan kondisi starup form pada saat pemakai menjalankan program. Jika bernilai 0 (default), form pertama muncul dalam ukuran sama seperti ukuran desain. Jika bernilai 1, form minimized, nilai 2, maximized

· Object box – menampilkan nama yang akan di atur propertinya. Klik tanda panah di samping kanan object box untuk menampilkan daftar object untuk form yang sedang terpilih.

· Sort tabs – adalah pilihan urutan daftar property, tersedia dua pilihan yaitu berdasarkan abjad nama depan property dan berdasarkan kategori property

· Properties List – Daftar property terdiri atas dua kolom, kolom pertama menampung daftar nama property dan kolom kanan adalah daftar nilai propertinya.

Satu Balasan ke Perkenalan dengan VISUAL BASIC 6.0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: